PEMBINAAN KADER KELUARGA BERENCANA SE KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN 2022

Selasa,19 April 2022, Balai Penyuluh Keluarga Berencana   Kec.Karanganyar memfasilitasi kegiatan Pembinaan Kader Institusi Masyarakat Pedesaan  (IMP). Sasaran Kegiatan ini yaitu PPKBD (Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa ) kec.Karanganyar. Kegiatan diawali dengan sambutan Koordinator lapangan BPKB Kec.Karanganyar, Dra. Muji Hastuti, MM  beliau menjelaskan tentang evaluasi capaian PB dan PA masing-masing desa di Kecamatan Karanganyar sampai bulan Maret 2022. Beliau juga menyampaikan tentang KIE oleh PPKBD dan Sub terkait transport beserta SPJ yang harus dikumpulkan.

Kemudian dilanjutkan Sosialisasi Elsimil bagi Catin, Bumil dan Pasca persalinan  untuk kader Tim Pendamping Keluarga untuk percepatan penurunan stunting yang disampaikan oleh PKB, Ana Farichatin, S.K.M pada PPKBD di Kecamatan. Adapun administrasi terkait spj elsimil yaitu visum, tanda terima jasa TPK serta rekap kunjungan TPK dan foto juga turut disampaikan.

Diharapkan PPKBD selaku kader IMP  ikut berpartisipasi aktif mendampingi Tim Pendamping Keluarga di tingkat desa yang akan dimulai pada Bulan Mei mendatang . Rencana selanjutnya akan diadakan Pembinaan Kader Sub PPKBD dilapangan terkait R1 Pus  mulai tanggal 20 sd 28 April 2022.

Perlu kami sampaikan bahwa Pembantu Pembina Keluaga pakanDesa ( PPKBD ) merupakan jejaring kerja Pemerintah di tingkat desa, yang berfungsi sebagai fasilitator Keluarga Berencana ( KB ) desa/kelurahan dan membantu kepala desa/lurah dalam melaksanakan program KB.

Tugas Kader PPKBD, Sub PPKBD, dan Tenaga Pelaksana KIE Desa Desa  adalah :

  1. Membuat rencana kerja;
  2. Mendata sasaran dan potensi sumber daya (pemetaan);
  3. Mengkoordinasikan kegiatan/program dengan pihak terkait;
  4. Mengelola dan membina program Keluarga Berencana di tingkat Desa;
  5. Memberikan penyuluhan, memberikan motivasi, memberikan konseling kepada masyarakat;
  6. Melaksanakan pencatatan dan pelaporan kegiatan program Keluarga Berencana di tingkat Desa, dan; kegiatan lain yang merupakan program Pemerintah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *