RAKOR SEKDES SE KECAMATAN KARANGANYAR

Senin, 26 April 2021 Pemerintah Kecamatan Karanganyar melaksanakan rapat koordinasi Sekretaris Desa tempat di Aula Kecamatan Karanganyar. Rakor dipimpin oleh Sekretaris Kecamatan Yanto Mulyanto, S.Sos.MM menyampaikan sebagai berikut :

–    Program Dinpermades tentang Infentaris desa/yang bekaitan dengan data-data infentaris desa atau aset desa yang di mulai dari awal pembelian tetap dimasukkan.

–    Dalam penggalangan GNOTA diharapkan kepada sekretaris desa memberikan santunan kepada GNPTA untuk anak sekolah setingkat SMP yaitu sebesar                 Rp. 300.000,- ( tiga ratus ribu rupiah ) karena nantinya juga akan kembali lagi ke desa masing-masing.

–    Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan diharapkan setiap minggunya ada kenaikan atau pemasukan di setiap desanya walaupun saat ini bulan puasa tidak ada halangan untuk penarikan PBB desa.

–    Pendataan IDM ( Indek Desa membangun ) bahwa  sistem Indeks Membangun (IDM) memiliki empat item tentang desa, yakni profil, status perkembangan desa, indikasi kebutuhan desa, dan rekomendasi kegiatan, program dan anggaran. dalam hal ini menjadi penting untuk menjadi acuan program-program berikutnya. di dalam website Indeks Desa Membangun (IDM )  ini ada empat item, pertama profil desa, di sana bisa melihat lengkap profil desa yang ada di wilayah masing-masing, kedua, nilai status perkembangan desa. Ketiga, indikasi kebutuhan desa, keempat rekomendasi kegiatan, program dan anggaran. IDM memiliki tiga komponen yaitu ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan lingkungan. IDM ini bisa digunakan oleh gubernur, bupati, Kapolres, Kejari untuk mengawal pembangunan desa. Ukuran pengklasifikasian Desa dalam rangka menentukan intervensi baik anggaran maupun kebijakan pembangunan Desa. Berikut merupakan 5 (lima) status Desa :

  1. Desa Mandiri,
  2. Desa Maju,
  3. Desa Berkembang,
  4. Desa Tertinggal, dan
  5. Desa Sangat Tertinggal.

Masalah IDM tersebut diharapkan jangan takut untuk tidak mendapatkan bantuan maka diharapkan bisa naik dalam satu trap misalnya dari desa berkembang menjadi desa maju dan seterusnya, data-data yang ada di desa betul-betul dimasukkan data yang valid. Pendataan yang masih berjalan di mohon di pantau dan di kawal dalam pendataannya. Dan mohondalam pendataannya di maksimalkan.

  • Berkaitan dengan Covid-19 diharapkan berhati-hati karena Covid-19 belum selesai atau belum sembuh dan diharapkan kepada masyarakat tetap melaksanakan Protokol kesehatan.
  • Bilamana ada suatu permintaan yang sifatnya mendesak hendaknya secepatnya untuk di tindak lanjuti dan lekas di kirim.
  • Selamat menjalankan ibadah puasa semoga puasa pada hari ini diterima oleh Alloh SWT.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *