PEMBINAAN UKS DAN KADER KESEHATAN SEKOLAH DI WONOKETINGAL

Dalam rangka mensukseskan program kesehatan terutama pada anak-anak sekolah, daerah wilayah kerja Puskesmas Karanganyar 2 telah melaksanakan Kegiatan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS) dan Kader Kesehatan Sekolah bertempat di  Desa Wonoketingal, Sebagai pelaksana kegiatan tersebut Puskesmas Karanganyar 2 dan juga sekaligus sebagai narasumber dengan di dampingi juga dari Kecamatan ( Kasi Kesra ) peserta pembinaan dari LIK Pendais, UPTD Dikbud, Guru UKS, ( TK, SD, MI, SMP/MTs ) se wilayah kerja Puskesmas Karanganyar 2, kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Agustus 2020 dimulai pada pukul 09.00 sampai pukul 11.30 Wib.

Tujuan daripada kegiatan tersebut adalah, secara umum untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia sehat seutuhnya.

Sedangkan tujuan khusus untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik di sekolah masing-masing dengan mencakup :

  1. Penurunan angka Sakit pada anak sekolah
  2. Peningkatan kesehatan peserta didik (fisik, mental, sosial)
  3. Diharapkan anak didik memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip-prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah.
  4. Meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan terhadap anak sekolah.
  5. Mensosialisasikan lebih dini terhadap bahaya dan pengaruh buruk narkotika, rokok, alkohol dan obat-obatan berbahaya lainnya.

Sedangkan sasaran program UKS meliputi seluruh peserta baik pada tingkat sekolah taman kanak-kanak, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan agama, pendidikan kejuruan, maupun pendidikan khusus.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *