UNDAAN LOR MAJU LOMBA LBS TINGKAT KABUPATEN DEMAK

Pada hari ini selasa, 24 Agustus 2021 Desa Undaan Lor Kecamatan Karanganyar mewakili Kecamatan Karanganyar mengikuti dan maju lomba Lingkungan Bersih dan  Sehat ( LBS ) Tingkat Kabupaten Demak, lomba tersebut diikuti oleh satu desa di Tingkat Kecamatan atau mewakili kecamatan.

Hadir dalam lomba Kebersihan tersebut yaitu dari Dinas Lingkungan Hidup dan dari TP PKK Kabupaten Demak yang di sambut oleh Camat Karanganyar, Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Desa dan ketua TP PKK Desa undaan lor, Puskesmas Karanganyar 1 serta tamu undangan laiinya.

Bahwa LBS  Lingkungan Bersih dan Sehat adalah kebersihan lingkungan,kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga, karena banyak sekali manfaatnya. Lingkungan yang bersih merupakan suatu keadaan dimana lingkungan sekitar kita bersih, tidak hanya dari sampah dan juga kotoran, namun juga bersih dari segala macam coret-coretan di dinding. Contoh Salah satu hal yang harusnya sering kita perhatikan, namun demikian juga sering terabaikan mengenai lingkungan kita Lingkungan bersih sendiri merupakan salah satu keadaan yang sangat dibanggakan oleh setiap orang.

apa enaknya melihat lingkungan yang kotor dan juga penuh dengan sampah? Sangat tidak menarik, dengan adanya kebersihan lingkungan yang terjaga dengan baik, serta lingkungann yang selalu asri dan juga bersih. Hal ini tentu saja akan menyebabkan lingkungan menjadi enak dan juga nikmat dipandang. Apabila lingkungan menjadi enak dan juga nikmat dipandang, maka akan berdampak pada kesehatan lingkungan itu sendiri.

Dalam hal ini maka dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak mengadakan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat di Tingkat Kabupaten sebagaimana desa yang di ajukan adalah desa se bagai conto desa di Tingkat Kecamatan.

Menurut sambutan Kepala  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Drs. H. Agus Musyafak, M.Si  bahwa Kriteria Lingkungan Bersih dan Sehat ( LBS ) adalah

  1. Rumah sehat
  2. Air bersih
  3. Jamban yang sehat
  4. Spal
  5. Pengelolaan sampah atau ada bank sampah
  6. Jalan lingkungan yang Bersih
  7. Tersedianya Sarana cuci tangan
  8. Air minum yang di konsumsi sehat
  9. Bebas jentik nyamuk

 

Camat Karanganyar Sugianto, SP.MM menyampaikan dalam sambutannya mengatakan bahwa :

  1. Tujuan lomba bukan hanya berharap mencapai juara, namun perubahan itu sendiri yang diharapkan yaitu perubahan dalam lingkungan itu sendiri, lingkungan yang sehat dan bersih sebagaimana yang telah di sampaikan oleh kepala Dinas tersebut.
  2. Bagi Para Kader, semoga setelah lomba ini diharapkan ada perubahan dan peningkatan, jangan kendor seandainya tidak mendapatkan juara, maka harus di perhatikan yaitu perubahan itu sendiri yang paling penting
  3. Bahwa terselenggaranya Kegiatan ini adalah bekerjasama antara Dinas lingkungan hidup dengan TP PKK Kabupaten Demak semoga ke depan akan lebih baik dalam pelaksanaanya

 

Kepala Desa Undaan Lor menyampaikan uneg-unegnya mengenahi Lomba tersebut  yaitu :

  1. Masih ada kekurangan ( spanduk ) yang isinya masalah Lomba Kebersihan dan Sehat Namun mudah2an dilapangan tidak mengecewakan.
  2. Karena saat ini bersamaan dengan HUT RI ke 76 maka di lapangan masih kelihatan meriah.
  3. Mohon petunjuk, semoga apa yang kita laksanakan sesuai dg harapan.
  4. Mayoritas warga pakai pamsimas 80%

15 % sumur pribadi 5 % air tanah.

 

 

 

Hasil Pengamatan di lapangan

  1. Alhamdulillah memuaskan, peran serta dari pemdes sampai deng masyarakat baik sekali. Setiap jumat ada goyong royong, namun administrasinya blm maksimal termasuk dokumentasi blm ada.
  2. Sampah terus dikembangkan pengelolaannya, kalo dulu satu sampah sejuta masalah, sekarang satu sampah sejuta berkah.
  3. Desa undaan lor sudah odf, ini akan menambah nilai plus bagi desa.
  4. Para kader patut diandalkan, gotong royongnya sangat tinggi, kerja kerasnya patut di andalkan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *