Rapat Koordinasi Pemantauan dan Penyebarluasan Informasi Bencana Tahun 2020 Kabupaten Demak


Pada hari Kamis, Tanggal 12 Maret 2020 telah diadakan rapat koordinasi Pemantauan dan Penyebarluasan informasi Bencana tahun 2020 Kabupaten Demak, rakor dimulai pada pukul 09.00 WIB di Bina Praja Kabupaten Demak dengan dihadiri beberapa peserta :
1. Asisten 1 Setda kab Demak
2. Kabag kesra
3. Dandim atau yg mewakili
4. Kapolres atau yg mewakili
5. Kabid kedaruratan BPBD prop Jateng
6. Dinas Sosial
7. Dinas Pertanian
8. Satpol PP
9. DKK
10. Bank Jateng
11. Para camat atau yg mewakili
12. Relawan Tanggap Bencana

Sambutan ketua penyelenggara Kabag Kesra Setda Kabupaten Demak menerangkan bahwa Pemerintah sebagai penanggung jawab dengan peran serta aktif masyarakat dan lembaga usaha, membangun masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana, membangun sistem dalam penanggulangan bencana yang handal maka Bagian Kesra sebagai leding sektor dalam kemasyarakatan. Mengadakan Rakor pemantauan dan penyebarluasan informasi bencana dengan dana DPA APBD . Dengan slogan “Ayo wujudkan Demak Tangguh Bencana”

Sambutan sekaligus membuka acara oleh Asisten 1 ( Bpk Wahyudi ) menyampaikan bahwa intinya adalah Bancana tdk bisa di hindari namun kita diwajibkan meminimalisir akibat bencana, penanggulangan bencana adalah masalah kita bersama bukan ditumpukan dalah dinas instansi saja, terjadinya bencana tidak bida dipridiksi namun kita hanya bisa mengantisipasinya.

Materi BPBD kesiapsiagaan harus kita lakukan dengan baik, sarana prasarana, mobilitas, bisa kita lakukan dengan koordinasi dg dinas yg terkait dan kita bisa mempersiapkan dg baik. Kab Demak adalah daerah yg di lalui sungai2 besar diantaranya sungai Wulan, Tuntang, Dolok,dll bahwa sungai2 itu adalah rawan banjir maka Dmk mempunyai resiko tinggi masalah banjir.
Materi BPBD prop Jateng menurut BNPB pusat bahwa bencana bukan tanggung jawab BPBD saja melainkan : pemerintah, Pelaku usaha, Wartawan atau informasi, Akademisi dan Masyarakat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *