PEMBINAAN PERANGKAT DESA KAUR KEUANGAN SE KECAMATAN KARANGANYAR

Pada hari kamis, 12 Nopember 2020 Pemerintah Kecamatan karanganyar melaksanakan Pembinaan bagi Perangkat desa kusunya Kaur Keuangan, Pembinaan tersebut diisi atau dipimpin oleh Kasi Pemberdayaan masyarakat Nuryati, S.Sos. MM, selaku tupoksi pada pada Kasi di Kecamatan Karanganyar.

Pelaksanaan Pembinaan dimulai pada pukul 09.00 Wib  bertempat di aula Kecamatan yang hadir dalam pembinaan tersebut 15 orang dari 17 desa 2 kaur Keuangan yang tidak hadir.

Dalam Kesempatan tersebut kasi Pemberdayaan Kecamatan menyamapaikan beberapa hal diantaranya :

  1. Mulai tanggal 23 Nopember 2020 akan dimulai paparan RAPBDes tahun 2021, maka diharapkan bagi desa yang belum menyelesaikan atau membuat paparan yang akan disampaikan nanti segera di buat.
  2. Penyusunan RAPBdes kususnya anggaran DD mengacu pada Permendes nomor 13 tahun 2020.
  3. Semua SPJ hari Kamis mendatang harap di bawa ke Kecamatan untuk di verifikasi.
  4. SPJ tersebut harap di lengkapi data pendukung yang lengkap sehingga waktu diverifikasi tinggal mengecek kebenarannya.
  5. Buku Administrasi tidak perlu di tulis tangan boleh di ketik melalui computer.
  6. BKU menggunakan siskeudes.

Tugas Kaur Keuangan Desa Menatausahakan keuangan desa yang meliputi menerima/menyimpan, menyetorkan/membayar, melaksanakan penatausahaan dan mempertanggungjawabkan penerimaan pendapatan Desa dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)

Kepala urusan keuangan mempunyai tugas membantu Sekretaris Desa dalam melaksanakan fungsi kebendaharaan dalam urusan pelayanan administrasi keuangan desa.

Selain tugas tersebut sebagaimana tersebut di atas, Kaur Keuangan Desa juga mempunyai tugas sebagai berikut:

  1. Menyusun Rencana Anggaran Kas Desa (RAK Desa)
  2. Menatausahakan keuangan desa yang meliputi menerima/menyimpan, menyetorkan/membayar, melaksanakan penatausahaan dan mempertanggungjawabkan penerimaan pendapatan Desa dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *