POSBINDU KECAMATAN KARANGANYAR

Pada hari Senin, 14 September 2020 di Kecamatan Karanganyar telah di laksanakan Posbindu oleh Puskesmas Karanganyar bertempat di Aula Kecamatan Karanganyar, yang diikuti oleh Karyawan dilingkungan Kecamatan : Karyawan Kecamatan, PKH, UPK, PD/PLD, Dinpermas KB, Sekretaris Desa, dari Anggota Polsek dan Koramil Karanganyar.

Posbindu adalah Pos Pembinaan Terpadu yang diselenggarakan oleh Puskesmas Karanganyar 1 dilaksanakan setiap 3 bulan sekali sebagai petugas 3 orang perawat yang dipimpin oleh ibu Ninik Indah Lestari, S.Kep dengan membawa peralatan lengkap untuk melayani para bapak ibu karyawan di lingungan Kecamatan Karanganyar.

Apa itu Posbindu ? Posbindu adalah  Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU-PTM) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM

merupakan peran dari Puskesmas Karanganyar 1 dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Kelompok PTM Utama adalah diabetes melitus (DM), kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *